-->
logo blog

Sunday, September 8, 2019

Bukti Tradisi Megalitik Bali Di Pura Kayu Sakti, Abang, Karamngasem

Hindubersuara.com--Pura Kayu Sakti adalah sebuah pura yang mempunyai ikatan leluhur berdasarkan garis keturunan (genealogis). Hal ini dibuktikan dengan semua anggota kelompok atau kerabat yang merasa diri dari garis keturunan Dadya Pasek, mempunyai ikatan dengan tempat pemujaan yang disebut dengan Pura Kayu Sakti.

Pura Kayu Sakti
Secara administratif, Pura Kayu Sakti masuk ke dalam wilayah Dusun Basangalas, Desa Tribuana Kecamatan Abang, Karangasem. Struktur pura terdiri atas satu halaman dengan arah hadap selatan.

Areal pura dibatasi oleh tembok keliling yang terbuat dari struktur batu alam dengan perekat semen. Di halaman luar pura terdapat pelinggih apit lawang dan sebuah wantilan. untuk memasuki halaman pura melalui dua buah pintu di bagian barat dan selatan.
Batas tembok keliling pura
Di halaman dalam terdapat sebuah piyasan, empat buah tahta batu, sebuah lumpang batu dan struktur batu alam.

Peninggalan tradisi megalitik yang terdapat di pura ini adalah tahta batu, lumpang batu yang terletak di sebelah selatan di depan pelinggih utama, dan tumpukan batu alam.

Lumpang Batu (lesung) dengan ukuran panjang 46 cm, lebar 39 cm. Tebuat dari batu alam, diperkirakan pada masa tradisi megalitik. terletak di halaman utama pura, di sebelah selatan dekat pintu masuk pura di bagian selatan. Lumpang batu ini tertanam sehingga hanya memperlihatkan bagian atas permukaan lumpang batu. lumpang batu ini biasanya digunakan untuk memohon kesuburan.

Sumber: sportourism.id, foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id


EmoticonEmoticon