-->
logo blog

Tuesday, April 3, 2018

Simbol Lingga Yoni Dalam Terminologi Hindu


Hindu Bersuara - LINGGA DIGUNAKAN SEBAGAI SIMBOL DARI ENERGI MASKULIN (PRIA)
YONI DIPAKAI SEBAGAI SIMBOLDARI ENERGI FEMINIM (WANITA)
LINGGA DAN YONI ADALAH ENERGI DI TUBUH MANUSIA DAN DI ALAM SEMESTA
PENYATUAN LINGGA DAN YONI MELAHIRKAN SESUATU YANG BARU. YAITU PENCIPTAAN



         Lingga bentuknya seperti Phallus lambang kesuburan pada masa Tradisi Mengalithik, dan dalam perkembangan Hindu merupakan simbol dari Dewa Siwa. Lingga berfungsi sebagai penyalur air pembasuh Arca. Dalam manifestasinya lingga terdapat 2 bentuk, yaitu:
  1. Lingga Cala adalah Lingga Permannen. Contohnya Arca Lingga
  2. Lingga Acala adalah Lingga yang diperkirakan sebagai tempat hunian bagi Dewa Siwa, sifatnya permanen sehingga tidak dapat dipindahkan. Cotohnya Gunung adalah tempat pemujaan bagi Sang Hyang Acalapati yang merupakan Dewa gunung. Dan Gunung pada masa prasejarah diyakini tempat suci, karena kepercayaan akan semakin tinggi semakin suci.


          Pengertian Yoni adalah menyerupai vagina alat kelamin dari wanita, yag merupakan lambang kesuburan pada masa prasejarah. Pada masa perkembangan Hindu Yoni merupakan simbol dari Dewa Parvati istri dari Dewa Siw. Yoni adalah tumpuan bagi lingga atau arca. Berstunya lingga dan Yoni adalah pertemuan antara laki-laki (Purusa) dan wanita (Pradhana) yang merupakan lambang kesuburan, sehingga muncul kehidupan baru (kelahiran). Oleh sebab itu pemujaan akan lingga dan yoni yang merupakan bersatunya Dewa Siwa dan Dewi Parvati adalah suatu berkah bagi masyarakat maasa lampau, sehingga biasanya lingga-yoni ini diletakan di wilayah pertanian atau pemujaan para petani kala itu.

           Lingga adalah simbolisasi atman atau roh, sedngkan yoni adalah simbolisasi shakti, kekuatan dan kesadaran atma. Maksud wujud lingga yang melakukan penetrasi ke liang yoni adalah kembalinya kesa-daran, kembalinya kekuatan atma yang selama ini terselimuti dan tidur nyenyak oleh pengaruh maya, pengaruh prakrti, pengaruh alam materi. Atma yang kehilangan shakti, kehilangan kesadaran, menjadi awidya alias bodoh. Ia mengelirukan diri sebagai suksma sarira (badan halus). Bahkan ada atma yang mengelirukan diri sebagai sthula sarira (badan kasar). Menyangka diri sekadar produk mekanik, seperti robot. Rusak sthula sarira, tamat sudah diri. Begitu asumsi atma yang dilanda kebodohan.

              Dalam terminologi Hindu Lingga Yoni disebut pembakitan kundalini, proses kenaikan shakti dari satu cakra ke cakra di atasnya dari satu kesadaran kesadaran di atasnya, harus melalui jaringan fisiologis fisik manusia yang melingkar-lingkar, mirip tubuh ular. Mka shakti atau kesadaran atma disebut juga kundalini, yang dilambangkn sebagai yoni atau vagina. Karena lembut penuh kasih, begitu kundalini bangkit, segala kekotoran yang menyumpat kesadaran terkikis habis, tanpa sisa


EmoticonEmoticon