-->
logo blog

Thursday, August 4, 2016

Model Kebaya Tren Bagi Kalangan Umat Hindu Pada Zaman Sekarang


Model Kebaya Zaman Sekarang
Hindu Bersuara - Dalam pengalaman dewasa ini kebaya sedang naik daun. Sebagai bagian dari busana wanita saat sembahyang atau menghadiri acara resmi dan atau acara khusus adat keagamaan kebaya menempati kelas istimewa. Bukan karena harga, bukan karena butik-butik yang menjamur, bukan pula karena ornamenik kreatifnya. ternyata ada 'harga lain' dalam hati wanita kalau mengenakan kebaya saat menapaki tangga-tangga pura tempat suci. Apa yang kita bisa catat dari serat-serat kebaya masa kini?

Kebaya yang dipadu dengan kain sebagai pakian bagian bawah merupakan pakian tradisional wanita bali dan jawa dan juga beberapa daerah di nusantara. Paduan kebaya dan kain tersebut sungguh membuat para wanita yang mengenakannya kelihatan aggun dan cantik. Kebaya dan kain yang dikenakan para wanita seirama dengan bentuk dan lekuk tubuh pemakinya, sehingga keindahannya wanita terlihat jelas, tidak disembunyikan pun tidak di ekspose secara berlebihan. Oleh karena itu, kebaya memberi citra diri yang sempurna bagi seorang wanita, apalagi ketika dipadu dengan penataan rambut yang rapi.

    Filosofi Pemberian Sesajen Untuk Bhuta Kala , Bukan Berhala

Kebaya sebagai pakian tradisional tidak terlepas juga dari sentuhan perkembangan. Dari sisi bahan, kebaya tidak lagi hanya terbuat dari satu jenis kain tetapi dari berbagai macam variasi seperti kain brokat, brokat tipis, brokat rangrang, kombinasi berbagai bahan dan sebagainya. Dari sisi model dan bentuk pun kebaya mengalami berbagai sentuhan seperti bagian depan yang panjang, bagian leher dan belahan depan dengan berbagai veriasi, dan yang saat kini sedang digandrungi oleh banyak wanita adalah bagian lengan yang tidak lagi panjang tetapi semakin pendek, dari sepanjang lengan menjadi tiga per empat, lalu sepanjang siku dan lebih pendek dari siku. Apakah nanti menjadi tanpa lengan di kemudian hari? tidak ada yang tahu.n Dari segi harga, kebaya juga sangat bervariasi dari puluhan ribu, ratusan bahkan sampai dengan jutaan rupiah.

Berbagai bentuk, warna, jenis bahan dan harga kebaya yang dipilih oleh oleh para wanita pada dasarnya dilandasi oleh para wanita pada dasarnya dilandasi oleh keinginan para wanita untuk terlihat cantik dan sempurna. Keinginan terlihat cantik dengan mengenakan kebaya dengan berbagai model dan jenis seringkali dilakukan tanpa memerhatikan keadaan diri dan situasi sekitar. Padahal di dalam berpakian, kegiatan atau acara yang dihadiri menentukan kepantasan pakian yang ditentukan. Mawas diri dan refleksi diri adalah kunci untuk membawa diri dalam berpakian terutama dalam memilih modal dan bahan serta harga kebaya yang dikenakan oleh para wanita. Kemampuan untuk memilah dan memilih kebaya yang pantas sesuati dengan situasi, juga merefleksikan tingkat kecantikan seorang wanita.

Model Kebaya Tren Bagi Kalangan Umat Hindu Pada Zaman Sekarang

Sesungguhnya kecantikan seorang wanita, sangat ditentukan oleh kecantikan yang datang dari dalam dirinya. Kecantikan fisik, pakian dan assesoris yang dikenakan hanya memberikan kesan pertama sedangkan yang memberikan kesan utama adalah kecantikan dari dalam diri mereka. Kecantikan dari dalam bersifat abadi dan datang dari hati dan pikiran yang tenang dan mapan. Ketika usia bertambah kecantikan fisikpun memudar. Tetapi apa yang terbentuk di dalam diri berupa kecantikan rohani akan terus tumbuh menambah kekuatan, kekayaan dan bahkan menjadikan wanita selalu muda.

Begitu pula kebaya wanita akan lapuk termakan usia, mode kebaya akan datang silih berganti tetapi kecantikan wanita yang ada dalam dirinya bisa selalu tumbuh tanpa mengenal batas waktu. Oleh karena itu suburkanlah kecantikan di dalam diri agar tumbuh mekar dan wangi bagai kembang teratai yang mekar di atas permukaan air, selalu menebarkan wangi bahkan bagi kumbang-kumbang kejauhan.

Sumber : Agung Supras


EmoticonEmoticon