-->
logo blog

Thursday, June 2, 2016

Upacara Memahayu Hayuning Bawana Di Candi Gedong Songo, Jawa Tengah

Candi Gedong Songo
Hindu Bersuara - Candi Gedong Songo merupakan salah satu candi yang memiliki akses spiritual terhadap nawa naksatra (9 gugusan bintang karena upacaranya upacara memahayu hayuning bawana diselenggarakan untuk membangun kembali akses itu telah ratusan tahun tidak terpelihara demi untuk hayuning bawana secara utuh.

Demikian disampaiakan oleh Shri Begawasan Putra Natha Wangsa Pemyunpada upacara memahayu hayuning bawana yang diselenggarakan baru-baru ini di pelantaran candi ke 4 gedong songo kabupaten semarang. Selanjutnya beliau katanya muncul perilaku yang tidak semestinya yang sering menghiasi berita dari berbagai massa media belakangan ini, bukan hanya semata-mata karena perilaku manusianya semata, namun bukan tidak mungkin karena pengaruh alam semesta yang memang terjadi disharmonisasi. Kuatnya pengaruh itu mempengaruhi citta budi manusia sehingga mendorong perilaku seperti binatang.

Sementara ketua parisada hindu jawa Tengah Nyoman surahatta dalam sambutanya menekankan bahwa upacara memahahyu hayuning bawana adalah sebah upacara pengorbanan suci demi keserasian, keselarasan, keseimbangan dan keharmonisan alam semesta. Untuk itu pihaknya sangat mengapresisasi kegiatan spiritual yang tanpa pamrih itu dengan sebuah karya agung apalagi penunjukan tempat yang dilakuakan oleh Panitaia sangatlah tepat, pemilihan tempat yang kebetulan di beberapa candi di jawa Tengah seperti; Candi Dieng Gedongsanga. Prambanan dan lain-lain nampaknya telah diperhitungkan secara cermat baik sekala maupun niskalanya. Mengakhiri sambutannya dikatakan bahwa semoga apa yang dilakukan dengan ketulusan iklasan itu akan memberikan nilai lebih demi terciptanya kehidupan bangsa yang gemahripah loh jinawa tata tentrem kerta raharja astungkare.

Dalam acara tersebut hadir yang mewakili Gubenur Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Propinsi maupun Kabupaten , tamu undangan dan umat Hindu se- Jawa Tengah.

Dalam sambutanya Gubenur menyatakan bahwa keberhasilan pembangunan menuntut partisipasi dari segenap komponen bangsa, oleh karenanya melalui kegiatan spiritual memahayu hayuning bawana diharapkan akan dapat lebih cepat didalam mewujudkan kehidupan masyarakat sebagaimana yang diharapkan oelh Foundingfather. Potensi bangsa sangat besar tersebar luas dari segala bidang termasuk peninggalan sejarah seperti candi Gedongsanga. Disamping memiliki peran sebagai destinasi wisata spiritual juga memiliki petensi khusus yang bisa diberdayakan untuk mendukung terciptanya kehidupan yang sejahtera lahir dan batin.


Sumber : Berita Umat


EmoticonEmoticon