-->
logo blog

Monday, April 22, 2019

28 Lontar yang Membahas Tentang Leak Yang Masih Dipercaya di Bali


Berita Hindu.com, Denpasar--Kawisesan merupakan ajaran tentang kesaktian atau ilmu gaib yang masih dipercaya hingga kini di Bali. Untuk menjadi seorang balian atau dukun seseorang harus memiliki ilmu kawisesan ini. Selain itu di Bali juga ada yang disebut leak.
Leak Bali
Walaupun tak banyak orang yang bisa menjumpai wujud leak, tapi kebanyakan orang percaya bahwa ilmu leak itu ada. Dalam buku Leak Ngamah Leak karangan I Wayan Yendra (Mangku Alit Pakandelan) pada halaman 55 disebutkan terdapat empat cara orang bisa mendapatkan ilmu pangeleakan.

“Pertama, dengan cara meminjam sabuk pangleakan pada bapak, ibu, kakek, nenek, kumpi, saudara, teman, dan sebagainya. Maka dengan menggunakan sabuk itu, anada akan bisa ngeleak,” tulis Yendra dalam buku itu.

Selain itu, cara kedua yaitu dengan jalan membeli pada seorang balian pangiwa. Ketiga dengan cara berguru pada balian pangiwa atau orang yang bisa ngeleak. Dan yang keempat yaitu dengan cara belajar sendiri dari lontar atau buku tentang pangeleakan.

Selain itu, dalam wayang Cenk Blonk yang berjudul Ludra Murti dengan dalang I Wayan Nardayana juga dikatakan oleh tokoh Tualen ada empat jenis pangeleakan. Pangeleakan jenis pertama disebut pangeleakan dewa, yaitu pangeleakan anugrah Dewa karena melakukan tapa semadhi.

Yang kedua pangeleakan melajah, yang didapat melalui proses pembelajaran dengan mempelajari tutur aji ugig, dharma weci, atau berguru. Selanjutnya ada pangeleakan keturunan, di mana saat orang yang bisa ngeleak, saat akan meninggal ilmunya berpindah kepada keluarga yang menungguinya.
Selanjutnya ada pangeleakan dengan membeli pada balian atau dukun.

Sementara itu, dalam buku Jejak Bhairawa di Pulau Bali karya Jiwa Atmaja halaman 95, dikatakan: beberapa balian yang bersedia memberi sedikit keterangan hanya mengatakan, kalau mau belajar leak datang saja ke kuburan pada tengah malam yang pekat.

Lebih lanjut dikatakan, paling baik adalah ketika tengah malam bulan mati, hari Kajeng Kliwon dengan membawa sanggah cucuk yang ditancapkan di tanah kuburan. Sementara itu, dalam catatan yang dimiliki oleh Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Kertha Bhuana, dari Gria Batur Giri Murti, Glogor, Denpasar, disebutkan beberapa tingkatan ilmu leak  dan jenis perubahannya.

Leak tingkat pertama atau tingkat paling rendah wujudnya berupa bojog atau kera abu-abu.Pada tingkatan yang kedua wujudnya berupa Kambing. Setelah itu pada tingkatan yang ketiga akan menjadi Bangkal atau Bangkung. Tingkat empat perubahannya adalah menjadi ular, sepeda motor, dan mobil. Tingkat lima berubah menjadi gegendu.

Saat mencapai tingkatan keenam akan menjadi bade, serta ayam putih. Berwujud bojog putih atau kera putih pada tingkatan ketujuh. Saat mencapai tingkat kedelapan menjadi rarung, waringin sungsang (beringin terbalik), dan anjing kurus. Pada tingkatan kesembilan menjadi kasa dan jaka punggul. Leak pada tingkatan kesepuluh akan menjadi rangda.

Di Bali ada beberapa lontar yang digunakan pedoman dalam belajar ilmu kawisesan maupun ilmu pangeleakan. Namun ada pula yang hanya membahas tentang leak tanpa membahas cara atau pedoman untuk menjadi leak.

Berikut beberapa lontar yang memuat tentang ajaran kawisesan, pangeleakan, baik yang membahas tentang cara maupun hanya membahas tentang keberadaan ilmu tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Ini hanya sebagai bahan untuk menambah pengetahuan tentang jenis lontar.
  1. Lontar Durga BhairawaLontar ini ditulis ditulis oleh I Gede Basur yang dikenal sebagai tokoh sakti yang memiliki ilmu pangeleakan pada jaman Raja Udayana abad ke-16. Lontar ini memuat tentang teknik-teknik ngereh atau berubah wujud menjadi leak.
  2.  Lontar Ratuning Kawisesan
    Lontar ini juga ditulis oleh I Gede Basur.
  3. Lontar Sudamala
  4.  Lontar Siwa Tantra
  5. Lontar Canting Mas
  6. Lontar Pengerehan
  7. Lontar Panglukuhan Dasaksara
  8. Lontar Ratuning Kawisesan
  9. Lontar Cambra Berag
  10. Lontar Sampian Emas
  11. Lontar Jung Biru
  12. Lontar Aji Pengeleakan

Lontar ini secara garis besarnya, menguraikan tentang jenis leak semisal Cambra Berag, Maduri Reges, Brahma Maya Murti yang bertangan delapan ribu, berkaki seribu.
  1. Lontar Tantra Bhairawa
  2. Lontar Kanda Pat
  3. Lontar Tanting Rat
  4. Lontar Kawisesan
  5. Lontar Cukil Daki
  6. Lontar Durga Purnama Tatwa
  7. Lontar Aji Wegig
  8.  Lontar Aji Pengiwa
  9.  Lontar Tutur Pangiwa
  10. Lontar Durga Purana Tatwa
  11. Lontar Usada Kayuktian
  12. Lontar Pangejukan Leak
  13. Lontar Panestian
  14. Lontar Kaputusan Punggung Tiwa
  15. Lontar Kawisesan Pudak Sategal
  16. Lontar Pangraksa Jiwa.








EmoticonEmoticon