-->
logo blog

Sunday, March 6, 2016

Hari Nyepi Bertepatan Dengan Gerhana Matahari (Raksasa Kala Rahu)


Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938
Budaya  Nusantara - Pada hari Nyepi tahun baru Saka 1938 dirayakan pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2016 .Hari raya Nyepi dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia. Nyepi berasal dari kata sepi yang berarti sunyi dan masyarakat Hindu berhenti dari semua kegiatan di hari suci ini. Di propinsi Bali di mana sebagian besar masyarakat menganut agama Hindu, semua aktivitas umum juga ditiadakan kecuali untuk rumah sakit. Bahkan bandar udara internasional Ngurah Rai pun ditutup selama 24 jam.

Gerhana Matahari yang Bertepatan hari Raya Nyepi
Pada hari Nyepi tahun ini juga bertepatan dengan gerhana bulan yang sering disebut oleh umat Hindu Raksasa Kala Rahu Menelan Bulan, Pada hari raya nyepi akan terjadi gerhana bulan, dimana bulan yang tadinya terang gelap gulita. Tanda-tanda alam seperti ini sering dihubung-hubungkan akan dijadikan peristiwa luar biasa di Bumi tempat manusia tinggal. Misalnya saja selang beberapa hari atau beberapa minggu di daerah tertentu terjadi bencana alam, wabah penyakit, kributan atau bentrok antar masa dan sebagainya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, orang-orang yang bijaksana, orang-orang wikan, para sesepuh, para rohaniawan dan yang mengetahui seluk beluk kejadian tanda-tanda alam, biasanya sepakat melakukan Yoga semadi, mendoakan agar bumi ini terhindar dari bencana. 

Gerhana juga diidentikkan dengan seseorang yang tadinya riang gembira, bersuka ria, bersuka cita, tiba-tiba berubah murung dan sedih, karena ada salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia atau hatinya diliputi oleh Gerhana. Tradisi di Indonesia khususnya di Bali jika terjadi Gerhana Bulan, maka orang-orang sibuk membuyikan kentongan atau benda apa saja yang bisa di pukul. Tujuannya adalah untuk mengusir Kala Rahu yang menelan Bulan. Mitos ini tertuang dalam sebuah Purana yang kemudian menjadi sebuah dongeng dan sangat populer di Negeri Nusantara.

Sumber : detik dan Kompas Bali


EmoticonEmoticon