-->
logo blog

Thursday, December 13, 2018

Preweding Sepasang Pengantin tahun 1930 Sampai Sekarang

Hindu Bersuara - Dalam masyarakat Hindu upacara pawiwahan merupakan bentuk komitmen yg suci dan luhur karena pada hakekatnya itu merupakan upacara persaksian ke hadapan Sang Hyang Widhi Wasa dan para dewata (Dewa Saksi), kepada makhluk niskala yg tinggal di “dunia bawah” (Bhuta Saksi), dan kepada sesama manusia (Manusa Saksi). Ketiga persaksian ini disebut sebagai Tri Upasaksi.
Preweding ( https://www.bridestory.com)
Selain itu, setelah melangsungkan upacara pawiwahan maka seseorang dianggap sebagai warga penuh atau krama dari banjar yg bersangkutan beserta segenap hak dan kewajibannya. Layaknya upacara adat-keagamaan lainnya dalam masyarakat Hindu-Bali, pelaksanaan upacara pawiwahan ini juga dibantu oleh keluarga besar kedua mempelai dan masyarakat sekitarnya.

Perkawinan di Bali tidak hanya dipandang sebagai suatu perbuatan hukum yang bersifat duniawi (sekala) belaka, melainkan juga berkaitan dengan kehidupan dunia gaib (niskala) sehingga sangat disakralkan (suci). Konsep perkawinan sebagai perbuatan hukum yg bersifat sekala-niskala umumnya dirumuskan dgn jelas dalam awig-awig desa pakraman, khususnya dalam pasal (pawos) yang secara khusus membahas prihal perkawinan. Contohnya adalah Pawos 77 Awig-awig Desa Pakraman Tumbak Bayuh, Badung (1992) yang menyatakan sebagai betrikut: ”Pawiwahan inggih punika patemining purusa pradana, malarapan patunggalan kayun suka-cita, kadulurin upasaksi sekala -niskala”

Konsep sekala-niskala merupakan konsepsi yg tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat Bali yg relegius, yg senantiasa menjaga keharmonisan hubungan antara dunia nyata (sekala) dan dunia gaib (niskala) dalam setiap aspek kehidupannya, termasuk dalam perkawinan. Pengertian demikian sangat sejalan dengan prinsip yang dianut oleh Undang-undang Perkawinan.

Upacara ‪‎pawiwahan diyakini sebagai yadnya guna memberikan kesempatan kepada para leluhur untuk menjelma kembali dalam rangka memperbaiki karmanya (reinkarnasi).  (Made)


EmoticonEmoticon