-->
logo blog

Tuesday, August 23, 2016

Filosofi Rare Angon Dalam Keseimbangan Ekosistem Umat Manusia

Hindu Bersuara - Manusia wajib menjaga keseimbangan ekosistem, sehingga kehidupan dapat berjalan serasi dan harmonis. Salah satu dari komponen ekosistem rusak atau terganggu, maka akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem. Di alam ini yang termasuk makhluk hidup adalah manusia, binatang dan tumbuh – tumbuhan.


Rare Angon 


Manusia dikatakan memiliki tri pramana (tiga unsur kehidupan), yaitu bayu (tenaga), idep (pikiran) dan sabda (suara). Binatang memiliki dwi pramana yaitu bayu dan sabda, sedangkan tumbuh-tumbuhan memiliki eka pramana yaitu bayu saja. Karena manusia memiliki tiga pramana itulah sebabnya manusia dikatakan makhluk yang paling sempurna.

Namun sebagai manusia, tetap harus menjaga alam lingkungan sekitarnya yang juga merupakan sebuah yadnya. Saling memelihara, mengasihi sesama makhluk hidup juga disebut yadnya. Aplikasi dari pemeliharaan lingkungan adalah melakukan yadnya pada Hari Tumpek Wariga atau Tumpek Ngatag atau Tumpek Penguduh yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, tepatnya setiap hari Sabtu Kliwon, Uku Wariga (kalender Bali). Tujuannya melakukan pemujaan kehadapan Sang Hyang Sangkara sebagai manifestasinya dari Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan). Beliau yang menciptakan dan melestarikan semua tumbuh-tumbuhan yang memberi kesejahteraan bagi kehidupan di dunia.

Upacara yadnya yang mencerminkan pemeliharaan lingkungan selain tumbuh-tumbuhan adalah melalui hewan-hewan kecil seperti segala jenis unggas. Dilakukan setiap enam bulan yang disebut Tumpek Uye atau Tumpek Kandang, jatuh pada Sabtu Kliwon, Uku Uye (Kalender Bali). Pada saat itu dilakukan persembahan kepada Bhatara Siwa dalam manifestasinya sebagai Sang Rare Angon yang menguasai semua binatang besar maupun kecil. Perayaan tumpek kandang bermakna untuk mengendalikan sifat-sifat binatang yang kurang baik, seperti sifat liar, susah diatur, ingin selalu bermusuhan seperti sifat ayam, sifat malas seperti babi.


Sumber Artikel : parissweethome


EmoticonEmoticon